Jumat, 18 November 2011

Bioteknologi Perikanan Budidaya

Bioinformatika merupakan ilmu terapan yang lahir dari perkembangan teknologi informasi dibidang molekular. Bermacam database telah dibuat dan banyak perangkat lunak telah diciptakan. Aplikasi TI dalam bidang biologi/life sciences telah melahirkan bidang Bioinformatika.

Dengan canggihnya teknologi informatika, menjadikan banyaknya penemuan-penemuan baru, terutama di bidang perikanan budidaya, misalnya dengan adanya ilmu rekayasa genetika, mulai dari rekayasa media budidaya, ikan, hingga pasca panen.

Bioteknologi menciptakan ikan-ikan baru yang dihasilkan melalui rekayasa gen. pada tahap pasca panen, bioteknologi mampu mengubah ikan melalui proses transformasi biologi hingga dihasilkan produk yang bermanfaat bagi manusia.

Rekayasa genetika pada ikan diperlukan karena merupakan alternatif pengembangan budidaya perikanan masa depan. modifikasi genetika mengarah pada perubahan genetika organisme yang tidak ditemukan di alam, termasuk hibrida (keturunan orang tua dari spesies berbeda). pengembangan ikan transgenik menggunakan teknik DNA rekombinan untuk memasukkan materi genetik dari satu organisme ke dalam genom ikan atau organisme lain.

Artikel ini disusun untuk memenuhi tugas 2 Teknologi Informasi, Universitas Diponegoro. 2011.
refrensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar